Inirhinie

Simplicity..

Aku sakit Cacar air..

Awal tahun 2012 kena cacar air.. amsyong deh eike..

Dua tahun yang lalu kena campak.. ada2 aja..

Tahun ini kena cacar air.. bener2 tersiksa..kerjaan banyak dan sebenarnya harusnya gantiin temen kantor yang cuti lahir..

udah 2 hari ga ke kantor.. beban moral.. btw terima kasih pada temen2 yang care : Leny S, Rachma, etc.. sepupu2.. hehehe

Sebenarnya apa sih cacar air itu.. beuhh

Cacar air atau Varicella simplex adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini disebarkan secara aerogen.

Masa inkubasi cacar ini sekitar 2 s.d. 3 minggu. Suhu badan panas.

Mula2 merasa sedikit demampilek, cepat lelah, lesu, dan lemah. Gejala-gejala ini khas untuk infeksi virus. Pada kasus yang lebih berat, bisa didapatkan nyeri sendi, sakit kepala dan pusing. Beberapa hari kemudian timbullah kemerahan pada kulit yang berukuran kecil yang pertama kali ditemukan di sekitar dada dan perut atau punggung lalu diikuti timbul di anggota gerak dan wajah.

Kemerahan pada kulit ini lalu berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis. Ruam kulit ini mungkin terasa agak nyeri atau gatal sehingga dapat tergaruk tak sengaja. Jika lenting ini dibiarkan maka akan segera mengering membentuk keropeng (krusta) yang nantinya akan terlepas dan meninggalkan bercak di kulit yang lebih gelap (hiperpigmentasi). Bercak ini lama-kelamaan akan pudar sehingga beberapa waktu kemudian tidak akan meninggalkan bekas lagi.

Lain halnya jika lenting cacar air tersebut dipecahkan. Krusta akan segera terbentuk lebih dalam sehingga akan mengering lebih lama. kondisi ini memudahkan infeksi bakteri terjadi pada bekas luka garukan tadi. setelah mengering bekas cacar air tadi akan menghilangkan bekas yang dalam. Terlebih lagi jika penderita adalah dewasa atau dewasa muda, bekas cacar air akan lebih sulit menghilang.

Selama 5 hari setelah ruam mulai muncul dan sampai semua lepuh telah berkeropeng. Selama masa karantina sebaiknya penderita tetap mandi seperti biasa, karena kuman yang berada pada kulit akan dapat menginfeksi kulit yang sedang terkena cacar air. Untuk menghindari timbulnya bekas luka yang sulit hilang sebaiknya menghindari pecahnya lenting cacar air. Ketika mengeringkan tubuh sesudah mandi sebaiknya tidak menggosoknya dengan handuk terlalu keras. Untuk menghindari gatal, sebaiknya diberikan bedak talk yang mengandung menthol sehingga mengurangi gesekan yang terjadi pada kulit sehingga kulit tidak banyak teriritasi. Untuk yang memiliki kulit sensitif dapat juga menggunakan bedak talk salycil yang tidak mengandung mentol. Pastikan anda juga selalu mengonsumsi makanan bergizi untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit itu sendiri. Konsumsi buah- buahan yang mengandung vitamin C seperti jambu biji dan tomat merah yang dapat dibuat juice.

http://id.wikipedia.org/wiki/Cacar_air

Memang benar penjelasan di atas..

Pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat lalu minum obat teratur. Selama sakit konsumsi terus juice buah yaitu juice buah apel,  jambu biji, dan tomat buah. Untuk juice ada yang beli langsung  jadi, ada juga yang buat sendiri. Jangan makan yang berminyak dulu.. Oiya minum air kelapa hijau muda yang katanya bisa membantu tetap menjaga kulit biar tetap bagus..

Menurut info yang gue dengar, katanya mandi pake larutan PK (apaan tuh?). Dokter RS ga kasih itu.. tapi memang sabun cair yang memang PHnya seimbang dan wangi kok.. Jadi, walaupun sakit cacar tetap harus bersih..🙂 Habis mandi dikasih bedak salicyl yang sudah dicampur menthol gitu jadi ga gatal terus juga ada salepnya. Ga dikasih tau sama apotekernya yang mana duluan, tapi kalo gue pake bedak dulu baru nantinya pake salep.

Cuma ada saran lainnya yaitu.. tiap lenting cacar yang pecah dikasih klorofil (ga boleh nyebut merk) ini saran dari beberapa senior yang duluan kena cacar, katanya biar adem.. tapi memang iya sih..cuma ya gitu semua hijau..

Katanya orang dulu.. kalo sakit cacar itu ga boleh mandi ataupun keluar rumah.. itu ga berlaku bagi gue.. haha.. Tetep aja pergi ke supermarket dengan bermodalkan masker.. Kasian juga sih menyebarkan virus.. tapi gue juga hasil dari orang yang tidak bertanggungjawab dan yakin dari Commuter Line yang gue naikin.. hehehe

Gitu juga waktu di supermarket semua orang ngeliatin gue.. tapi disangkain jerawatan parah.. hahaha tapi ada dua cewe yang ngetawain gue.. siaul (padahal mereka ga tau gue kena cacar dan menular :D)

Mba Sofie maaf ya.. ngerjain pajak tahunan sendirian.. padahal repot..🙂

Sekarang gue menikmati hasil dari pemberian penyakit cacar, yaitu banyak bekas yang susah hilang dan harus rajin pake lotion.. Jaga kesehatan dan mencegah lebih baik daripada mengobati..

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: