Inirhinie

Simplicity..

Pria juga harus merawat diri.. :)

Pria, kini juga ingin tampil rapi, bersih, wangi, dan terawat. Bahkan, beberapa pendapat mengatakan, penampilan pria yang apik merupakan sebuah penghargaan bagi dirinya sendiri dan orang di sekitarnya. Oleh sebab  itu, sama seperti wanita, mereka juga rajin merawat diri dengan membersihkan kulit wajah, memakai pelembab, deodoran, dan juga masker.

Namun, kadang pria enggan bahkan risih untuk melakukan perawatan itu. Jangankan merawat wajah, kadang sikat gigi aja suka malas :p

“Memang,” kata Dr Eddy Karta, SpKK, ahli kulit dari EDMO Clinic, Jakarta Selatan, “itu karena pengaruh androgen – hormon khas pria – yang membuat kulit pria cenderung lebih tebal, kasar, berminyak, sensitive, dan mudah teriritasi”.

“Selain itu, pria juga mempunyai kelenjar keringat yang lebih besar, sehingga keringat yang dihasilkan juga lebih banyak. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit pria memiliki karakteristik berbeda dengan wanita, sehingga pria memerlukan produk perawatan khusus,” tambah Dr Eddy.

Namun, memilih produk perawatan khusus juga ada triknya.

PEMBERSIH WAJAH

Seperti pada wanita, produk pembersih yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit serta mengandung aloe vera, madu, atau asam poli hidroksi (PHA) yang membantu membersihkan, menyejukkan, melembapkan, serta mengangkat sel-sel kulit mati secara efektif.

Agar hasil lebih maksimal, bersihkan wajah sekitar 2-3 kali setiap hari tergantung aktivitas.

BERCUKUR (SHAVING)

Bercukur juga dapat menyebabkan kulit pria lebih kering, rapuh, dan rentan teriritasi. Untuk mengatasinya, pilih produk perawatan berbentuk gel yang mengandung bahan-bahan alami sepertialoe vera dan minyak esensial yang menyejukkan sekaligus melembapkan.

Selain itu, pilih pisau cukur yang dapat mengikuti kontur (bentuk) wajah. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya luka saat bercukur. Untuk melengkapi proses mencukur, gunakan moisturizing aftershave setelah bercukur untuk melindungi kulit.

PELEMBAB WAJAH

Kulit wajah pria cenderung lebih tebal, kasar, dan berminyak sehingga membutuhkan pelembap untuk mengontrol kadar minyak yang berlebih. Pelembap juga membantu meremajakan, menghaluskan, dan membuat kulit tampak lebih sehat.

Agar kulit pria tampak segar dan lembap, gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Pilih yang berbasis air dan mengandung pelembap alami seperti jojoba, zaitun, atau seramid (ceramide). Bisa juga yang mengandung asam poli hidroksi (PHA), asam laktobiotik, dan asam alfa hidroksi (AHA) yang membantu membersihkan dan menghaluskan kulit wajah.

Gunakan pelembap setelah bercukur. Oleskan secara lembut dan merata ke seluruh wajah dengan gerakan dari bawah ke atas.

Tuhkan.. cowo juga sebaiknya pake pelembab wajah..🙂

SABUN MANDI

Pria cenderung lebih mudah berkeringat. Karena itu, jaga kebersihan tubuh terutama daerah lipatan dengan menggunakan sabun mandi yang sesuai pH alami kulit (4,5 hingga 6). Lebih baik lagi kalau sabunnya mengandung antioksidan, serta zat-zat aktif seperti mentol, triclosan, dan aloe vera, yang membantu mencegah bakteri dan menyegarkan kulit.

Jadi, cowo juga harus sadar kebersihan.. biar ga bau badan..

Sumber :

http://www.nirmalamagazine.com

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: